Hati-hati Jangan Asal Pilih Masker


Untuk menghindari penetrasi partikel debu vulkanik, biasanya warga di lokasi bencana membeli masker berbentuk segiempat dan berwarna hijau.

gunung kelud,pengungsi,korban letusanBanyak pengungsi korban letusan Gunung Kelud di perbatasan Kabupaten Kediri, Malang, dan Blitar, di Jawa Timur yang mengalami sesak napas dan kekurangan oksigen karena tebalnya hujan abu dari letusan itu, Jumat (14/2) dini hari (Yatimul Ainun/Kompas.com).

Untuk menghindari penetrasi partikel debu vulkanik yang berasal dari gunung berapi meletus, biasanya sebagian besar warga di sekitar lokasi bencana membeli masker berbentuk segiempat dan berwarna hijau. Masker ini merupakan masker yang kerap digunakan dokter saat melakukan operasi pembedahan.

Selain berfungsi sebagai penyaring udara, masyarakat memilih memakai masker jenis itu karena harganya yang murah serta mudah didapat dan digunakan. Meski memiliki tingkat ketebalan yang bervariasi, masker bedah ini ternyata bukan pilihan tepat.

Pasalnya, masker bedah dengan desain yang sederhana meninggalkan celah ketika dipakai. “Debu bisa masuk melalui celah-celah masker karena bahannya tidak terlalu tebal,” ujar Suhanto Kasmali, Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit Mediros.

Karena itu, dia menyarankan masyarakat agar menggunakan masker respirator yang sudah terbukti ampuh menahan debu. Biasanya, masker respirator memasang filter karbon aktif. Bahkan, beberapa produk mampu menahan lebih dari 140 bahan kimia.

(Raymond/Kontan)

http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/02/hati-hati-jangan-asal-pilih-masker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s