Cara Mudah mengurus Paspor


Budi Mulia Dua Jermanhe.he. akhirnya ngurus paspor juga, belum kebayang mau ke luar negeri (kecuali haji atau umroh). bulan April 2012 siap-siap mau pergi ke luar negeri (wah keren….seperti ngimpi…) ke JERMAN bro…

pertama-tama buat paspor dulu, ya ke imigrasi dong,,,kalau jogjakarta kantornya di Utara BANDARA ADI SUCIPTO (Jl.solo) gampang banget, syarat-syarat standar ya…

1. Kartu tanda penduduk (KTP) berserta fotokopi.

2. Kartu Keluarga sesuai dengan alamat KTP berserta fotokopi.

3. Akte Kelahiran, Ijazah Terakhir, Surat Nikah (bagi yang sudah nikah).

4. Surat pengantar, rekomendasi, perusahaan (jika bagian dari tugas sekolah/perusahaan). kalau mahasiswa ya minta surat keterangan dari kampus

1, HARI Ke-1 kalau dah siap beerkasnya langsung aja datang ke kantor imigrasi  jam 8 dah buka kok, jadi kalau lebih pagi lebih baik dan lebih cepat, ketika datang langsung beli dulu formulir dan cover paspor klo gak salah 10 ribu kayaknya, di lantai bawah jadi dari parkir motor ke selatan. kalau formulir sudah diisi langsung aja naik ke lantai 2 sambil nunggu antrian mengumpulkan form dan berkasnya, kalau tidak ada masalah kita diberi selebaran untuk datag lagi (5 harian)

2, HARI ke -2  ngumpulin kertas yang dari petugas kemarin di bagian kasir, untuk antre pembayaran, tak lama kemudian di panggil kasir kemudian bayar, habis itu nunggu lagi untuk antre foto dan antre wawancara, Dibagian wawancara anda akan ditanya beberapa hal, mas mau ke Jerman ada apa? jawab aja dengan jujur, saya jawab mau ikut kemah mendampingi anak-anak smp-sma (wawancara ringan paling cuma ditaya mau kemana ngapain) alhamdulilah hari itu selesai. tinggal nunggu lembaran tanggal kita mengambil paspor yang sudah jadi,kurang lebih saya dari jam 8 jam 9 selesai dan ketika saya keluar ..wuih antrenya buanyak banged (jadi pagi aja datangnya 1/2 8an)

3. PNGAMBILAN datang, antre dan nunggu panggilan, kita disuruh ttd pengambilan, kemudian minta di copy dulu passport halaman pertama dan terakhir kemudian copianya di serahkan ke petugas lagi.. nah jadi deh paspor kita.

Total Pengeluaran:

1. formulir + cover paspor = 10.000
2. bayar biaya pembuatan pasport = 255.000

totalnya bisa di total sendiri 265.000

PENGECUALIAN

A. Untuk Usia dibawah 17 Tahun

1. KTP kedua orantua

2. KK

3. Akte Kelahiran

4. Surat Nikah Ortu

5. Surat pernyataan Ortu

6. Rekomendasi dari sekolah (anank)

7. FC paspor orang tua

 

B. untuk  calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan bekerja di luar negeri. Khusus untuk calon TKI harus membuat paspor sesuai dengan KTP asal.   pengurusan paspor TKI adalah sama dengan pengurusan paspor untuk WNI pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada siapa pihak pemberi rekomendasi pembuatan paspor saja. Jika calon TKI / TKI, maka rekomendasi pembuatan paspor dikeluarkan oleh instansi dinas tenaga kerja atau BP3TKI setempat.

Catatan:

KARTU tanda penduduk (KTP) luar Yogya bisa digunakan untuk memproses pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Klas I Yogyakarta dan tak harus membuat paspor di tempat asal

NAH bagi yang ingin lebih cepet nih…cara membuat PASPOR ONLINE

1. Scan semua dokumen pendukung seperti KTP, KK, Akta Nikah, Surat Rekomendasi Kantor, Ijazah. Kalau untuk anak dibawah umur perlu Surat Kuasa. Ingat, scan dalam format jpg dan disetting grayscale aka item putih, bukan berwarna aka kolor full. :mrgreen:

2. masuk ke web imigrasi, dan pilih layanan paspor online.

3. Pilih Pra permohonan personal

4. Input data-data yang diminta, isi form dengan lengkap..

5. Upload data pendukung yang sudah kita scan tadi..

6. Kalau sudah diupload semuanya, klik lanjut, kemudian pilih kantor imigrasi yang akan didatangi, dan pilih tanggal kedatangan. Khusus Kanim Jaksel yang antriannya ajegile, ane dulu waktu pilih tanggal baru ada pilihan tanggal dua bulan kedepan. Makanya ane pilih kanim jakbar yang agak sepi, jadi ane bisa pilih kedatangan setidaknya satu hari kemudian. Selain itu, tipsnya adalah pilih tanggal kedatangan di tanggal-tanggal tua :mrgreen: mudah2an lebih sepi, yang pada bikin paspor nunggu gajian :lol:

7. Setelah pilih kanim dan tanggal, print bukti pendaftaran online. bukti ini kudu dibawa waktu datang ke kanim, karena itu sebagai surat panggilan.

8. Di hari H kedatangan di kantor imigrasi, saran saya datanglah pagi-pagi sekitar jam7. temen saya yang dateng jam 7, urusannya udah kelar jam 11. Cepet kan, itu di kanim jakbar (jl. pos kota di kota tua) lho yaa, sama kayak ane. Lalu belilah map di koperasi, ini foto koperasinya nyomot dari google, deket kantin dan dibelakang atm mandiri. Sementara untuk fotokopian masuk ke lorong nya..

2 thoughts on “Cara Mudah mengurus Paspor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s