Kualifikasi Piala Dunia 2014: Profil Tim Bahrain


Bahrain dalam dua edisi Piala Dunia terakhir sebenarnya mempunyai peluang besar untuk mencatatkan sejarah lolos ke putaran final. Pada kualifikasi Piala Dunia tahun 2006, Bahrain selangkah lagi lolos ke putaran final, sayang mereka kalah agregat 1-2 (0-1, 1-1) dari Trinidad and Tobago yang saat itu dilatih oleh Leo Benhakker dan dimana pelatih Indonesia saat ini, Wilhelmus Gerardus Rijsbergen, menjadi asisten pelatih. Empat tahun kemudian Bahrain juga lolos hingga babak playoff, kali ini ambisi mereka digagalkan Selandia Baru dengan agregat 0-1 (0-0, 0-1).

Tim yang kini dilatih oleh pelatih asal Inggris yang juga mantan pelatih Bradford City, Peter Taylor, kurang beruntung dalam ajang Piala Asia 2011 lalu. Tergabung di Grup C bersama Korea Selatan, Australia serta India membuat kans mereka untuk lolos ke babak kedua semakin sulit. Dalam tiga kali penampilan, mereka hanya sekali menang atas India dengan skor 5-2, kemudian dua kali kalah dari Korea Selatan dan Australia masing-masing dengan skor 1-2 dan 0-1. Patut digarisbawahi bahwa kedua rival yang mengalahkan Bahrain di babak penyisihan grup tersebut akhirnya finis di posisi ketiga dan kedua Piala Asia 2011.

Meskipun Indonesia pernah mengalahkan Bahrain 2-1 pada Piala Asia 2007 yang belangsung di Jakarta, namun hasil tersebut bukan jaminan akan terulang kembali mengingat kekuatan kedua tim sudah jauh berbeda saat ini. Bahrain kini diperkuat oleh beberapa pemain naturalisasi yang membuat kekuatan mereka jauh berkembang diantaranya Abdullah Omar (Chad) dan Jaycee Okwunwanne (Nigeria). Negara Bahrain memang sedang mengalami krisis politik yang mengakibatkan beberapa pemain nasional mereka ditahan, namun bukan berarti lantas bahrain akan mudah dikalahkan.

Pemain Kunci :

Hussain Ali Baba
Kapten tim nasional Bahrain ini sudah malang melintang di berbagai kancah internasional sejak tahun 2006. Tercatat dirinya sudah membela tim nasional Bahrain sebanyak 55 kali dan mencetak 3 gol. Sebagai seorang bek tengah, postur tubuh dan kualitas individu pemain ini memang cukup mumpuni, layak apabila dirinya dilirik oleh berbagai klub sepakbola di kawasan timur tengah. Terakhir dirinya bermain untuk klub Al-Wehda yang berkompetisi di Liga Arab Saudi.

Abdullah Omar
Pemain ini merupakan tulang punggung tim nasional Bahrain di lini tengah. Pemain yang lahir di Chad, 24 tahun yang lalu ini sejak tahun 2009 bermain bagi klub yang berkompetisi di Liga Super Swiss, Neuchatel Xamax. Bermain bersama striker timnas Nigeria, Kalu Uche, di klubnya jelas membuat pengalaman bertanding pemain bertinggi badan 176 cm ini semakin matang. Abdullah Omar tercatat sudah membela timnas Bahrain sebanyak 34 kali dan mencetak 3 gol.

Ismail Abdul-Latif
Pemain kelahiran Halla, Bahrain, pada tanggal 11 September 1986 tersebut saat ini bermain untuk klub Al Nasr di Liga Oman. Striker ini cukup produktif, Dari 56 kali penampilannya bersama timnas Bahrain, pemain bertinggi badan 182 cm ini sudah mencetak 26 gol yang menandakan dirinya cukup bisa diandalkan untuk menjebol gawang lawan. Bersama Jaycee Okwunwanne, Ismail Latif akan menjadi tumpuan lini depan timnas Bahrain di masa-masa mendatang.

3 Pertandingan Terakhir Bahrain:
vs India (Piala Asia 2011) : 5-2 (Faouzi Aaish 8 (pen)’, Ismail Latif 16′, 20′, 35′, 77′)
vs Australia (Piala Asia 2011) : 0-1
vs Kuwait (Persahabatan) : 0-0

3 Pertemuan Terakhir vs Indonesia :
19 Juni 1988, Jakarta (Indonesia) ; Bahrain vs Indonesia : 0-0
25 Juli 2004, Jinan (China) ; Bahrain vs Indonesia : 3-1
10 Juli 2007, Jakarta (Indonesia) ; Bahrain vs Indonesia : 1-2 (Sayed Mahmood 27′, Budi Sudarsono 14′, Bambang Pamungkas 64′)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s