10 Perceraian Paling Menguras Harta


Ongkos perceraian bisa mencapai triliunan rupiah.

Pipiet Tri Noorastuti

Guy Ritchie & Madonna ((AP Photo/Max Nash, file))

VIVAnews – Tak hanya menguras air mata, perpisahan antara suami dan istri juga berpotensi menguras kekayaan. Pada beberapa pasangan, ongkos perceraian bisa jadi melebihi biaya pernikahan mewah.

Di beberapa negara Barat, ada aturan pembagian harta gono-gini yang mengharus pihak berpenghasilan lebih tinggi membagi setengah asetnya kepada pasangan cerainya. Tak peduli status suami atau istri, yang harus bertanggung jawab adalah mereka yang berpenghasilan paling besar.

Berikut sejumlah pasangan cerai dengan ongkos perpisahan paling mahal, seperti dikutip dari laman Idiva.

6. Roman Abramovich dan Irina
Abramovich adalah orang terkaya ketiga di Rusia yang merintis sukses dari bawah. Suatu waktu, dia pernah berjuang hidup dengan istri dan anaknya yang masih mungil di sebuah flat kecil. Sedangkan Irina adalah mantan pramugari Aeroflot. Mereka menikah pada 1990.

Setelah 17 tahun membangun rumah tangga dan meraih sukses besar dalam pekerjaan, mereka bercerai. Perpisahan itu membuat Abramovich harus merelakan sebagian kekayaan dan sejumlah aset seperti rumah, kapal pesiar, dan peternakan untuk Irina. Dia menyerahkan US$300 juta, atau hanya sekitar dua persen dari total kekayaan Abramovich.

7. Michael Jordan dan Juanita Vanoy
Pasangan ini dipertemukan pada 1984. Lima tahun kemudian mereka menikah. Hanya 17 tahun hubungan itu bertahan. Pada 2006, mereka bercerai dan mengurus pembagian harta sesuai kesepatan di lembar perjanjian pranikah. Isinya, Vanoy berhak atas 2/3 kekataan Jordan. Total, Vanoy mendapat US$168 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun, dan lahan seluas tujuh hektare.

8. Neil Diamond dan Marcia Murphey
Penyanyi legendaris Neil Diamond dan istrinya keduanya, Marcia Murphy, bercerai pada 1994 setelah 33 tahun menikah. Diamond menganggap Murphy layak mendapat setengah hartanya.

9. Steven Spielberg dan Amy Irving
Sutradara handal sekaligus tokoh inspiratif ini menikah pada 1985. Namun, empat tahun kemudian Amy meninggalkan Spielberh bersama putra tunggalnya dan memenangi gugatan harta sebesar US$100 juta dolar atau sekitar Rp 897 miliar.

Pasangan ini sebenarnya sudah membuat perjanjian pranikah agar tak ada pembagian kekayaan kala cerai. Namun, hakim memutuskan bahwa perjanjian pranikah ditulis di serbet sehingga tidak memiliki sanksi hukum.

10. Madonna dan Guy Ritchie
Awalnya, pasangan ini menjadi panutan keluarga harmonis dengan kehadiran putra mereka Rocco yang lahir setahun setelah pernikahan mereka. Namun, pada 2008, Madonna memutuskan untuk menjadi orangtua tunggal dan bercerai d

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s