Tips Mencegah Stress Saat Macet


Kemacetan di Jakarta semakin merajalela. Apalagi makin banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi saat bepergian ketimbang kendaraan umum.

Akibatnya jumlah ruas jalan yang ada tidak bisa menampung banyaknya kendaraan yang keluar. Hal ini seringkali menimbulkan kemacetan yang membuat orang merasa emosi dan berujung pada stres.

Mungkin kemacetan akan sulit dihindari, tapi coba hindari rasa stres yang mungkin bisa menyerang diri Anda. Buatlah perjalanan Anda menyenangkan meski berada di tengah kemacetan. Berikut tips sehat, menghindari stres dan terus bahagia selama dalam perjalanan:

1. Jangan terburu-buru

Mungkin tidak ada yang lebih stres ketika Anda tidak bisa mencapai tempat tujuan tepat waktu. Coba lakukan ancang-ancang sebelum Anda bepergian. Rencanakan segala kegiatan yang akan Anda lakukan beberapa jam sebelumnya. Jangan pergi disaat waktu yang mendesak.

2. Rileks

Direktur medis dari Integrative Medicine Program di Universitas NorthShore, Leslie Mendoza Temple menyarankan, agar rileks saat diperjalanan dengan cara melepaskan ketegangan terutama dibagian bahu, leher kepala dan punggung. Ini bisa membuat Anda lebih rileks.

3. Latihan pernapasan

Kurangi stres dengan memperlambat pernapasan Anda. Cukup tarik napas melalui hidung, kemudian hembuskan napas secara perlahan. Secara perlahan latihan ini bisa meningkatkan tahap pengeluaran napas sehingga lebih panjang dari fase inhalasi, kata Dr Mendoza Temple. “Ini bisa menenangkan hati ,” katanya. “Ketika Anda berpikir tentang bernapas, Anda tidak bisa benar-benar berpikir tentang banyak hal lain lagi, ini bisa menjadi pengalih perhatian yang positif.”

4. Duduk tegak

Seperti bernapas, sadar akan posisi yang baik bisa membantu Anda menghilangkan pikiran negatif. “Pastikan bahu dan punggung Anda ke arah belakang kursi. Angkat pinggul Anda sedikit sehingga lebih tinggi dari lutut Anda, dan jangan membungkuk ke depan. “Jika tidak ingin merasa tegang diantara bahu, lakukan duduk tegak,” kata Maryanna Klatt, asisten profesor dan meditasi kesadaran dan peneliti di Ohio State University.

5. Ambil rute alternatif

Pengemudi yang memiliki pilihan rute merasa lebih memegang kendali dalam perjalanan. Perubahan rute perjalanan pun bisa membantu untuk mengurangi kebosanan. Bahkan rute baru tersebut bisa menghibur Anda lewat pemandangan baru, seperti bunga mekar di pekarangan rumah seseorang atau gedung baru yang sedang dibangun.

6. Mendengarkan musik santai lewat CD atau radio

Hal ini akan menempatkan Anda untuk berpikir lebih tenang, agar terhindar dari berita yang dapat menimbulkan frustrasi. “Pilih sesuatu yang bisa membuat Anda bahagia selama di perjalanan, seperti mendengarkan musik yang bisa membangkitkan semangat,” kata Klatt.

7. Jangan melakukan kegiatan lain

Jangan melakukan kegiatan lain saat menyetir. “Sebab Anda bisa dua kali berisiko untuk mengalami kecelakaan saat berada dalam perjalanan,” kata Anggota American Automobile Association. Jadi simpan benda apapun yang bisa menganggu konsentrasi Anda, seperti HP, peralatan kosmetik dan lainnya.

8. Siapkan Rencana ke depan

Gunakan GPS mobil Anda sebagai panduan navigasi, atau siapkan peta. Ini penting untuk mengetahui arah jika tiba-tiba Anda terpaksa harus mengambil rute alternatif.

One thought on “Tips Mencegah Stress Saat Macet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s