Jakarta terancam Macet


Kecepatan Kendaraan di Jakarta Tahun 2015 Hanya 5-10 Km/Jam
Hery Winarno – detikNews


Ilustrasi
 
Jakarta – Kemacetan di Ibukota sudah sedemikian akut. Jika pemangku kepentingan tidak berani mengambil terobosan untuk mengatasi hal tersebut Jakarta terancam lumpuh total.

“Kalau kondisi seperti ini dipertahankan, pada Tahun 2015 Jakarta bisa macet total,” ujar Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Danang Parikesit saat berbincang dengan detikcom, Senin (26/7/2010).

Menurut kajian MTI, saat ini kecepatan laju kendaraan di Ibukota hanya mencapai 15-10 km/jam. Angka tersebut terus akan merosot mengingat setiap tahun Jakarta mengalami penurunan kecepatan 1 km/jam/tahun.

“Artinya kalau sekarang rata-rata kecepatan 10-15 km/jam maka pada 2015 akan menjadi 5-10 km/jam. Dengan kecepatan seperti itu ditambah rambu-rambu yang ada, maka Jakarta akan macet total,” analisisnya.

Untuk mencegah hal tersebut, MTI meminta Pemda melakukan upaya pembenahan terhadap sarana transportasi umum. Busway, monorel dan subway harus digenjot.

“Paling tidak masyarakat punya alternatif untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi massal. Sehingga macet total tidak segera terjadi,” kata Danang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s