AP/Gregorio Borgia/vg
ROMA–MI: Surat kabar Vatikan melaporkan lukisan karya Caravaggio mungkin telah ditemukan di Roma. Meski begitu lukisan itu masih harus dianalisa lebih lanjut sebelum mengumumkan ke publik bahwa karya master Italia itu berhasil ditemukan.

Laporan itu dimuat di halaman depan L’Osservatore Romano terkait merayakan peringatan 400 kematian Caravaggio. Lukisan tersebut menggambarkan “Kemartiran St
Lawrence “dan milik Yesuit di Roma, kata surat kabar tersebut.

Lukisan itu menggamabrkan seorang pemuda semi-telanjang, mulutnya terbuka di putus asa, salah satu lengan berbaring sambil membungkuk di tengah api. “Terserah analisis lebih lanjut dan sebuah film dokumenter yang mendalam, pemeriksaan gaya lukisannya, tapi yang terpenting untuk memberikan kami jawaban bahwa itu benar karya Caravaggio,” tulis L’Osservatore Romano.

“Yang pasti adalah bahwa lukisan itu adalah alirannya tanpa cela, “katanya dalam artikel yang ditulis oleh sejarawan seni Lydia Salviucci Insolera.

Caravaggio meninggal di kota pantai Tuscan Porto Ercole pada tahun 1610 pada usia 39. Dia telah sangat berpengaruh dan terkenal, tetapi juga menjalani kehidupan yang diwarnai perkelahian jalanan dan alkohol.

Italia telah menandai ulang tahun dengan berbagai acara, dan sebuah pameran di Roma awal tahun ini menarik lebih dari setengah juta pengunjung. (AP/X-11)

Iklan