Ayah-Ibu Berkulit Hitam, Sang Anak Berkulit Putih dan Pirang


skynews.co.uk TEMPO Interaktif, London – Para ahli genetik dikejutkan dengan kelahiran bayi berkulit putih dan bola mata biru yang merupakan buah hati pria dan wanita berkulit hitam di Inggris

Para dokter menegaskan bahwa bayi perempuan tersebut bukan albino (orang yang warna kulit, rambut dan matanya tidak normal) dan kedua orang tua tidak memiliki latar belakang keluarga yang berkulit putih.

Ayah bayi tersebut, Ben Ihegboro, 44 tahun, mengatakan: “Kami berdua hanya bisa duduk setelah kelahirannya dan memandanginya. Kami diam seribu bahasa.”

Bayi tersebut diberi nama Nmachi yang artinya Keindahan Tuhan dalam bahasa Nigeria. Ayah dan ibu Nmachi, Ben dan Angela, memiliki darah Nigeria.

Nmachi lahir di Queen Mary’s Hospital di Inggris. Para dokter mengatakan kepada Ben dan Angela bahwa Nmachi bukan albino.

“Ia tidak seperti anak albino, tidak seperti yang pernah saya lihat di Nigeria atau di buku,” ujar Ben kepada The Sun. “Dia terlihat sebagai bayi berkulit putih yang sehat.”

“Tentu dia adalah anak saya. Istri saya jujur pada saya. Jika dia tidak jujur, bayi itu tetap tidak akan terlihat seperti itu,” tambah Ben.

“Kami tidak tahu apakah leluhur kami ada yang berkulit putih. Kami menduga ada semacam kelainan genetik. Tapi jika memang demikian, mengapa bayinya memiliki rambut keriting yang pirang?” lanjutnya.

Kepala Human Genetic Oxford University, Profesor Bryan Sykes, mengatakan, “Dalam ras campuran, varian warna kulit yang lebih terang mungkin akan terjadi pada anak. Dan ini terkadang bisa sangat berbeda dengan kulit orang tua.”

“Ini mungkin terjadi karena banyak campuran genetik seperti di masyarakat Afro-Caribbean. Tetapi di Nigeria, hanya ada sedikit campuran,” tegas Sykes.

Menurut Sykes, Ben dan Angela harusnya punya garis leluhur berkulit putih atau lebih pucat di dalam gen mereka jika anak mereka berkulit putih.

“Tapi rambutnya sangat tidak biasa,” tambah Sykes. “Bahkan bayi berambut pirang tidak memiliki rambut pirang seperti dia (Nmachi) ketika lahir.”

Sykes menduga kemungkinan terbesar Nmachi lahir seperti sekarang adalah terjadi mutasi gen yang belum diketahui bentuknya.

Ben dan Angela memiliki dua anak lainnya yaitu Chisom, 4 tahun, dan Dumebi, 2 tahun.

Angela mengatakan kepada The Sun, “Warna kulit Nmachi tidak bermasalah. Dia adalah bayi ajaib. Tetapi saya tetap heran apa yang terjadi.”

SKYNEWS| KODRAT SETIAWAN

One thought on “Ayah-Ibu Berkulit Hitam, Sang Anak Berkulit Putih dan Pirang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s