Ditemukan, Gunung Vulkanik Raksasa di Laut RI


(IST)

INILAH.COM, Jakarta- Ilmuwan AS dan RI yang melakukan ekspedisi bawah laut Indonesia berhasil menemukan gunung api besar di dasar laut. Gunung ini lebih tinggi dari 3 hingga 4 gunung.

Ilmuwan Indonesia dan AS, menggunakan sistem sonar yang kuat serta kendaraan robotik dengan fitur video high-difinition, melakukan eksplorasi di wilayah Sulawesi untuk mendapatkan informasi ekosistem laut yang rumit itu.

Mereka telah melakukan pemetaan di wilayah dasar laut seluas 6,200 kilometer persegi sejak bulan lalu, di mana area ini setara dengan wilayah Delaware, Amerika Serikat, berdasarkan informasi yang diberikan kedutaan Amerika Serikat di Indonesia.

Mereka menemukan wilayah vulkanik bawah laut ini setinggi 3 ribu meter dengan kedalaman 5840 meter, kata Jim Holden, kepala peneliti AS yang ikut ekspedisi tersebut.

“Ini merupakan gunung berapi bawah laut yang sangat besar,” ujarnya. “Lebih tinggi dari 3 hingga 4 gunung di Indonesia.”

Ilmuwan berharap hasilm pemetaan dan video yang diproduksi dari perjalanan ini dapat membantu siapapun yang ingin lakukan penelitian lanjutan.

“Semakin banyak kita paham mengenai fitur bawah laut dan komunitas pendukung, maka semakin lebih baik kita mengatur dan menjaga laut serta sumber di dalamnya,” kata Holden, ahli microbiologi di University of Massachusets, Amherst.

Sugiarta Wirasantosa, kepala ilmuwan dari Indonesia di ekspedisi ini mengatakan bahwa penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi ekosistem dan membantu para pencari ikan.[ito]

One thought on “Ditemukan, Gunung Vulkanik Raksasa di Laut RI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s