Tips Memilih mobil


memilih mobil bekas

butuh mobil buat aktivitas sehari hari? tentu, di jakarta yang panas begini, siapa yang nggak butuh mobil pribadi? relatif lebih nyaman bermobil untuk kegiatan hari hari tanpa misti mengejar-ngejar bis kota atawa metromini.

masalahnya, memilih mobil bekas itu tidak mudah. so gimana cara memilih mobil bekas?
berikut adalah tipsnya:

1) cari informasi jenis mobil apa yang kita butuhken. minibis kah? sedan kah? mpv kah? pertimbangkan mobil tersebut akan digunakan oleh siapa saja dan untuk apa saja keperluannya.

2) cek spesifikasi mobil tersebut. berapa cc mesinnya? berapa besar tenaganya? berapa irit konsumsi bahan bakarnya? seberapa mudah perawatan mobil sehari hari? cek ke rekan rekan sekeliling kita mengenai ini. jika perlu join milis-milis otomotif di yahoogroups untuk menanyakan detail detail sejenis ini.

3) cek harga wajar mobil yang kita incar. beli majalah [misalnya autobild, otomotif atau poskota-sabtu.. lihat berapa harga penawaran dari mobil tersebut. biasanya harga wajar mobil sekitar 1-5 jt dibawah harga penawaran]

4) sediakan waktu untuk berkeliling mencari kandidat mobil. usahakan untuk menyediakan waktu akhir pekan selama 1 atau 2 bulan untuk berkeliling. dapatkan minimal 3 kandidat sebelum mulai mencairkan dana pembelian.

5) bawa montir langganan, atau setidaknya rekan yang mengerti kondisi mobil.

a) mobil yang sudah pernah digunakan di jalan2 jakarta biasanya harus dicek kaki kakinya. cek shock absorber di semua sudut dengan menekan mobil ke bawah, jika mobil naik perlahan dengan stabil berarti s/anya masih bagus. jika naik dengan cepat dan apalagi berayun ayun, sediakan dana sekitar 1-2.5jt untuk mengganti s/a [sambil mengganti s/a, bushing selayaknya diganti juga]

b) cek body mobil. ketuk2 sekujur body dan cek juga lurusnya body. body yang sedikit bergelombang atau sedikit bagian terdengar bernada rendah karena adanya tambalan dempul adalah wajar [ini jakarta, men!🙂 ]. namun jika body tidak lurus segaris dengan arah ban, maka kemungkinan besar mobil pernah tabrakan dan pernah harus direbuilt. jika ini yang terlihat, lirik mobil lain.

c) cek mesin, dengarkan suaranya. adanya suara tek tek tek adalah wajar, namun jika ada suara metal bergesekan, sebaiknya dikonsultasikan lebih lanjut kondisi ke montir yang kita bawa. biasanya penjual saat menjual akan menggunakan oli kental untuk meredam suara mesin.

d) cek keluaran knalpot. jika warnanya hitam dan agak pedas, berarti mesin cenderung normal namun butuh uji emisi dan tune up. jika warna asap putih, berarti ada oli bocor di dalam mesin dan ada kemungkinan butuh full atau half overhaul. siapkan dana untuk ganti onderdil sekitar piston.

e) cek oli mesinnya dengan jari, jika ada serpihan atau bubuk metal, cari mobil lain. itu tanda2 ada komponen rotasi tinggi yang sudah aus. jika ingin tetap beli [naksir berat.. cinta buta ke itu mobil], siapkan saja dana untuk overhaul mesin.

f) jika mungkin, lakukan test drive. cek suara mesin, suara body dan kondisi rem. gas hingga rpm sekitar 3000-4000rpm, jika mesin terdengar kering dan berisik mungkin pompa air atau bensin atau oli sudah aus. tawar harga agar ada dana untuk bisa kita ganti komponen2 tersebut. cek suara body, jika berisik.. kita ke point (g)

g) cek karat di body…. jika ada beberapa karat, sediakan dana untuk perbaikan minor. jika karatnya besar atau kecil tapi tersebar, siap2 perbaikan body besar2an. siapkan dana sekitar 3-8jt. jika ingin mobil siap pakai, lebih baik cari mobil lain.

6) cek surat-surat kendaraan [jika perlu cek status kendaraan di polda].. dokumen yg harus ada:
a) BPKB,
b) STNK,
c) Faktur Pembelian
d) Surat jual beli atau kwitansi antara kita dengan penjual.
jika mungkin, sebaiknya ada
e) foto kopi KTP penjual
f) SPK [surat Pemesanan Kendaraan]
g) Buku Manual Mobil
h) Buku Service

7) rajin dan teguh dalam menawar harga. ingat saja bahua setelah membawa pulang mobilnya, anda tetap harus menyediakan dana sekitar 3-5 jt untuk cek/ganti kaki2, ganti timing belt, ganti filter bensin dan udara, ganti filter dan oli mesin, flush mesin, oli girbox, oli gardan, cek/ganti semua seal mesin, cek/ganti engine mounting, cek/flush radiator, overhaul kopling, overhaul rem, pompa air, pompa oli, pompa bensin… tuh kan.. banyak benerrrr.. hehehe. mungkin si penjual bilang bahua mobilnya dalam kondisi siap pakai, tapi dana tersebut tetap harus kita siapkan.

caution: jika penjual menggunakan oli mesin yang viskositas besar [artinya olinya lebih kental], saat kita ganti oli ke yang lebih encer atau oli berkualitas lebih baik [oli dengan zat anti endapan], ada kemungkinan endapan2 di seal mesin akan rontok dan seal kemudian bocor. so, save the money, beibih. tawarrrr🙂

8) pilih penjual atau dealer yang anda kenal baik atau terpandang, walaupun itu pun bukan jaminan juga. namun jika anda bermaksud membeli secara kredit, biasanya nggak ada pilihan selain lewat dealer. sangat penting untuk mendapatkan dealer yang anda kenal sebelumnya, atau setidaknya ada rekan anda yang puas dengan layanan dealer tersebut.

so happy hunting.. and good luck!

One thought on “Tips Memilih mobil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s