Cara Mempromosikan Blog Anda


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan blog agar dikenal oleh banyak orang, akan tetapi ada sebagian juga yang tidak mengerti dan mengenal etika dalam mempromosikan blog yang telah mereka buat, kadang cara apapun ditempuh agar blog menjadi terkenal. Hal yang terpenting sebenarnya adalah mengarahkan pengunjung kepada blog yang kita buat, agar informasi yang terkandung didalamnya dapat dilihat dan sampai secara maksimal kepada banyak pembaca.
Tulisan ini memberikan informasi penting bagi blogger pemula yang baru memulai dan ingin mempromosikan blog mereka agar diterima serta dikunjungi oleh banyak pembaca dengan cara yang baik dan benar. Artikel ini dibuat khusus untuk blogger pemula, dan jangan pernah tanyakan apakah saya blogger professional? Dengan tegas saya katakan tidak. Saya sama seperti kalian (bloger pemula) yang masih harus belajar, tulisan ini hasil pengamatan dan pengalaman saya dalam waktu yang cukup lama.Tujuan penulisan ini bukan untuk mengatur dan menggurui siapa pun, artikel ini hanya untuk memberikan bantuan bagaimana cara mempromosikan blog dengan baik dan benar serta etika yang terkandung didalamnya.
Dibawah ini merupakan cara terbaik dalam mempromosikan blog anda:
Promosikan blog anda melalui search engine:Cara yang paling praktis adalah dengan menggunakan auto web submit. Ada banyak layanan gratis yang menyediakan layanan untuk pendaftaran, anda bisa mencarinya sendiri di search engine atau tanyakan ke om Google untuk memudahkan dalam mendaftar ke Search engine, saya sarankan anda menggunakan layanan mypagerankLayanan lain yang dikhususkan dalam pencarian blog diantaranya adalah Google blog search dan blogdigger kedua layanan ini merupakan pencarian blog yang paling banyak digunakan saat ini. hampir semua penyedia layanan blog mempunyai fasilitas pencarian dengan cara mengindex link pada database mereka sendiri, selain itu kita juga lebih diuntungkan apabila penyedia layanan blog tersebut mempunyai fasilitas ping karena hal ini akan memudahkan kita dalam mempromosikan blog yang telah dibuat.
Salah satu web auto submit adalah mypagerank, layanan ini akan memudahkan kita mendaftarkan blog ke beberapa search engine besar seperti dibawah:
www.google.com
www.searchengine.com
www.infotiger.com
www.scrubtheweb.com
www.searchuk.com
www.entireweb.com
www.maxpromo.com
www.aesop.com
www.whatuseek.com
www.splatsearch.com
www.walhello.com
www.acoon.de
www.szukacz.pl
www.daypop.com
www.fybersearch.com
www.biveroo.de
www.infoseek.co.jp
www.yandex.ru
www.amfibi.com
www.bigfinder.com
www.metawebsearch.com
www.jayde.com
http://www.cipinet.com
www.infotiger.com
www.websquash.com
www.Search-o-rama.com
www.unasked.com
www.uk.abacho.com
www.mixcat.com
Untuk mempromosikan blog keseluruh SE diatasklik disini Saya tidak menjamin dalam waktu cepat situs anda akan terdaftar, semua ini tergantung dari bagaimana semua search engine diatas meng-index halaman blog/situs anda.

Memberikan komentar adalah promosi terbaik:
* Beri Comment pada blog yang dikunjungi, cara ini cukup akurat dalam mempromosikan blog anda
* Isikan komentar apapun yang positif pada blog orang lain
* Isi buku tamu atau online chat atau tagboard kalo memang tersedia
* Berikan pujian apa adanya pada blog yang dikunjungi, jangan terlalu belebihan dalam memberikan pujian. mungkin ada pada sebagian orang pujian adalah hinaan.
* Beri komentar yang berbobot sesuai dengan topik yang ada
* Jangan melakukan spam Contoh “Kunjungi blog saya dong”, “hai saya punya blog baru nih, mampir yah” cara ini menurut saya pribadi kurang baik dan sangat mengganggu pemilik blog yang anda kunjungi
Bergabung dengan forum/mailing lists :
* Cara ini akan membuat relationship antar blogger.
* Cari forum yang sesuai dengan topik blog anda, jangan join dengan tema yang berbau fornografi jika blog anda bertema keagaaman, malah gak nyambungkan
* Beri komentar atau menjawab semua persoalan yang baik diforum dan ingat jangan lakukan spam.

Bertukar link (banner exchange)
Untuk blogger baru:
* Cari blog yang sudah terkenal yang mempunyai ranking terbaik, selain meninggalkan jejak hal ini akan membuat blog anda terindex oleh search engine.(istilahnya nebeng beken!)
* Saling bertukar link antar new blogger tidak hanya membuat blog anda dikenal, akan tetapi sebagai media pengingat alamat blog yang pernah dikunjungi
* Jangan pernah punya perasaaan buruk, dendam, kesal, merasa terhina jika tidak di link balik, berpikir lah positif mungkin saja saat ini ia lagi sibuk atau lupa.
* Berikan komentar dengan cara bijak dan lebih halus namun menjanjikan, sebagai contoh:”artikel diblog ini sangat bermutu dan bermanfaat bagi saya, saya akan menyimpan link blog ini pada halaman favorit, dan saya pasti akan berkunjung kesini lagi” cara ini cukup jitu dan membuat pemilik blog merasa dihargai serta saya jamin blog yang dikunjungi akan melakukan hal yang sama.

Untuk blogger lama:
* Bagi para blogger yang sudah dapat nama (terkenal) berbagilah link dengan blogger baru, kenapa? Karena tanpa dukungan mereka blog anda tidak akan berarti apa-apa.
* Memang bertukan link dengan blogger baru tidak akan menguntungkan apa-apa dari segi web page ranking dan malah menguntungkan blogger baru, tetapi ingat dalam hal lain blog anda akan terus dikunjungi dan diingat oleh para blogger baru, alasannya cukup simple karna mereka merasa sangat dihargai dan diperhatikan serta memberikan kesan positif
* Jangan merasa kesal dengan ulah blogger baru, maklumi saja mereka masih pemula (termasuk saya sendiri) munkin perlu waktu untuk belajar lebih banyak, coba anda renungkan kembali bagai mana cara anda ketika baru belajar mempromosikan blog, saya rasa mungkin sama, iya khan.

Etika dan cara promosi blog
Publikasikan Melalui emailCara ini cukup efektif untuk mempublikasikan blog anda, misalnya anda mengirim email keteman, saudara, rekan kerja/bisnis. Cukup berikan keterangan alamat blog sebagai informasi lebih lanjut, tanpa harus melakukan paksaan untuk mengunjungi blog yang diinformasikan.
Hindari penggunaan SPAMSpam adalah tindakan mempromosikan blog/situs anda tanpa memperdulikan waktu dan tempat. Pastikan tempat anda ber-promosi sesuai dengan promosi yang anda berikan. Kalau tidak sesuai, pikirkan lagi jalan keluar yang baik agar orang menyukai dengan promosi anda.
Penggunaan bahasa pada blog yang anda tulisAda cara lain dalam mempromosikan blog anda, yaitu dalam penggunaan bahasa, ingat pembaca blog anda tidak hanya orang indonesia saja tetapi hampir semua orang didunia bisa membaca blog anda, ada baiknya anda memasukan tulisan menggunakan bahasa inggris, selain bisa dimengerti embaca luar juga mudah dimengerti oleh mesin pencari (search engine)
Pasang iklan pada dunia nyataSelain mempromosikan pada dunia maya, anda juga bisa mempromosikan pada dunia nyata, terkesan aneh dan lucu memang hal ini memang jarang dilakukan para blogger (apabali saya pribadi masih gak PD hehehe ), Anda bisa mempromosikan blog dipapan pengumuman, kantor, kampus, radio, lewat SMS, PhoneCell atau media cetak, kalo di media televisi pun sebenarnya tidak jadi masalah he3x.
Daftarkan blog kelayanan pihak ketigaLayanan pihak ketiga memungkinkan blog anda lebih dikenal luas keseluruh dunia.

beberapa yang terbaik ditantaranya dalam melakukan promosi adalah:
* Technorati: http://www.technorati.com
* Blog Pulse: http://www.blogpulse.com
* Ice Rocket: http://www.icerocket.com
* Blog Digger: http://www.blogdigger.com
* Daypop: http://www.daypop.com
Tips untuk Technorati: sering-seringlah melakukan ping dengan layanan ini. kebanyakan pengunjung Technorati adalah para blogger juga, jadi gunakan keyword atau tag yg sepatutnya anda gunakan yg berkaitan dengan blog anda.
Sampai saat ini cara promosi diatas cukup akurat, dan hal terpenting dalam mempromosikan blog adalah hindari penggunaan SPAM, gunakan cara yang wajar dan bijak sesuai dengan petunjuk diatas.
Sumber : http://www.o-om.com/2007/07/etika-dalam-promosi-blog-dan-cara.html

2 thoughts on “Cara Mempromosikan Blog Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s