Hal Penting Ketika Wawancara (Interview)!


Written by Mr. Endi

sebuah lowongan pekerjaan, maka wawancara atau bahasa buleg-nya interview adalah salah satu kata yang tentunya sudah tidak asing atau familiar dikuping. Kebanyakan pelamar menganggap wawancara adalah suatu introgesi yang dilakukan oleh perusahaan tempat yang menyediakan lowongan kerja, untuk menyeleksi pelamar kerja. Pendapat ini tentunya tidak sepenuhnya benar, karena ada satu sisi yang terabaikan yaitu bukan lebih ditekankan pada introgasi tapi yang benar adalah sebuah percakapan untuk mengenalkan potensi diri kita ke perusahaan.

Kesan introgesi yang membuat nyali menjadi ciut membuat beberapa orang melakukan kesalahan fatal dan stress ketika sedang melakukan wawancara, salah satunya jika kita pernah membeli buku panduan untuk interview maka kita lebih cenderung untuk menghafalkan isi buku tersebut. Dalam sebuah buku wawancara yang dapat kita peroleh dengan mudah di toko buku terdekat dari tempat tinggal kita, biasanya kita akan menemukan daftar pertanyaan dan jawaban yang benar saat wawancara. Hal ini tentunya sangat bagus untuk persiapan dan menambah pengetahuan untuk menghadapi sebuah interview, namun yang harus menjadi catatan adalah jangan sampai menjadikan buku tersebut sebagai pedoman utama hingga kita melupakan jati diri kita.

Sekali lagi sebaiknya menekankan pengertian bahwa wawancara adalah suatu percakapan dini untuk mengenalkan pribadi dan potensi dari diri kita ke perusahaan, oleh karena itu sebaiknya bawa sebaik mungkin agar sebuah interview yang dijalani bukan ke arah introgasi tapi lebih ke arah percakapan yang menyenangkan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka tidak ada salahnya untuk menyelipkan percakapan cerita-cerita ringan dan kreatif tentang dunia profesional yang pernah dijalani dan personality yang ada dalam diri kita.

Sebenarnya setiap individu memiliki jati diri yang unik, dan hal itu akan muncul dengan syarat mutlak kita harus menjadi diri sendiri. PD bukan Perang Dunia loeh tapi Percaya Diri adalah modal dasar yang harus dimiliki agar dapat menjalani sebuah wawancara dengan sukses sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya. Dengan percaya diri maka perasaan was-was atau grogi akan lari terbirit-birit dari hadapan kita. Hal ini penting untuk selalu diingat, kenapa? Hmm… Karena sudah menjadi rahasia umum jika sudah tidak optimis dan kurang percaya diri, maka rasa gugup akan datang, al-hasil semua pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan dengan baik bukan tidak mungkin malah menjadi berantakan tidak karuan!

Dikutip dari tulisan di Kompas, pada dasarnya wawancara kerja diadakan dengan tujuan untuk:

  1. Mengetahui jawaban dari pertanyaan apakah diri kita ini merupakan asset yang dapat memajukan perusahaan atau malah sebaliknya yaitu menjadi beban bagi perusahaan (atau bahasa kasarnya jika perusahaan merekrut kita menjadi karyawan, maka apakah kita akan produktif atau malah sekedar makan gaji buta!Waduh!)
  2. Mengenal sikap kita apakah cocok dengan kultur atau lingkungan kerja di tempat kerja perusahaan yang menyediakan lowongan atau tidak! Pengenalan sikap dapat meliputi apakan kita type orang yang mampu bekerja dengan team atau tidak, apakah kita lebih condong suka memberi printah atau menerima printah dll.
  3. Mengenal kepribadian kita yang lain yang mungkin langka ditemukan pada orang lain, missal apakah kita ulet kerja, bagaimana etos kerjanya, pantang menyerah atau cengeng dll.

Nah, jika kita memenuhi jawaban dari tujuan wawancara tersebut, maka kita akan memiliki probability besar untuk memenangkan wawancara kerja tersebut dengan kesuksesan. Oleh karena itu tidak ada salahnya mencari informasi tentang kemampuan apa saja (baik itu sikap atau teknis) yang harus dimiliki dari posisi lowongan kerja yang kita incar. Ada kalanya wawancara memiliki tujuan yang hampir seragam tapi ada kalanya wawancara memiliki tujuan berbeda dan unik dari kategori umum dimana hal itu sangat tergantung dengan bidang lowongan yang disediakan.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s